Jum’at, 25 September 2020 – Dalam rangka mengisi waktu luang pengajar baru TPA binaan UNIDA Gontor, Staf Departemen Pengabdian Masyarakat (DPM) mengadakan acara bedah film Inspiratif yang bertempat di gedung Abu Bakar Lantai 1. Acara bedah film atau yang lebih kita kenal sebagai nonton bareng dihadiri oleh Staf Pusat Pengabdian Masyarakat, Staf Departemen Pengabdian Masayarakat dan segenap pengajar baru TPA binaan UNIDA Gontor periode 2020-2021.

Nonton bareng yang diselenggarakan bukan hanya sekedar menantikan dan menyaksikan adegan-adegan yang menarik, melainkan mengambil intisari dari film yang ditayangkan merupakan kegiatan inti dari bedah film malam ini.

Adapun film yang dibedah berjudul Taare Zameen Par merupakan film asal negara India. Sebuah film Inspiratif yang menceritakan kisah seorang anak yang bernama Ishaan. Ishaan merupakan anak yang sangat payah dengan kebiasaannya yang sering memandang dunia dengan imajinasinya hingga dikenal sebagai idiot, selalu mendapat nilai jelek dan sering bolos sekolah. Akhirnya orang tua Ishaan memutuskan untuk memindahkannya ke sekolah berasrama, tentunya hal ini sangat berat dirasakan oleh Ishaan. Singkat cerita, sekolah baru Ishaan kedatangan guru baru bernama Ram Shankar Nikumbh yang sangat siap lagi antusias mengajarkan Ishaan membaca, menulis dan melukis secara perlahan hingga akhirnya Ishaanpun bisa melakukan semua itu berkat ajaran gurunya.

Ram Shankar Nikumbh pun mengadakan lomba melukis untuk semua siswa siswi dan guru-guru, tetapi pada saat itu Ishaan mengilang lalu Ram Shankar Nikumbh mencarinya. Beberapa waktu kemudian Ishaan datang dan melukis dengan imajinasinya yang tinggi. Setelah juri menilai, lukisan Ishaan yang terbaik dan Ishaanlah yang menjadi juara kemudian mendapatkan piala penghargaan. Keluarga Ishaan tidak menyangka akan kejadian itu, lalu merekapun datang dengan penuh rasa bangga dan pada akhirnya Ishaan menjadi anak yang pintar lagi cerdas.

Dari kisah tersebut kita dapat mengambil intisari bahwa, masing-masing peserta didik memiliki cara yang berbeda-beda dalam menggali potensinya. Oleh karena itu alangkah tidak layaknya jika seorang guru mengatakan peserta didiknya bodoh, padahal sebuah jalan telah disiapkan oleh Yang Maha Kuasa untuk setiap hamba-hamba-hamba Nya yang mau berusaha.

Acara bedah filmpun berjalan dengan lancar dan diakhiri dengan penyampaian beberapa pengumuman terkait agenda Pengajar Baru TPA binaan UNIDA Gontor kedepannya.[Karumiadri]

By admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *