Departemen Pengabdian Masyarakat, Universitas Darussalam Gontor menyelenggarakan Pelatihan Manajemen Pengelolaan TPA Binaan UNIDA Gontor. Acara ini dilaksanakan pada Hari/Tanggal Sabtu, 18 Desember 2021 dilaksanakan setiap tahunnya dengan beberapa tujuan. Acara ini dihadiri oleh Ka Bag. Pengabdian Masyarakat Al Ustadz Riza Ashari, M.Pd.I, Staf Pusat Pengabdian Masyarakat dan staf Departemen Pengabdian Masyarakat. Adapun yang menjadi pemateri pada pelatihan kali ini adalah Al Ustadz Riza Ashari, M.Pd.I dan Al Ustadz Salman Alfarizi, M.Pd.

Acara ini diselenggarakan oleh Departemen Pengabdian Masyarakat Bersama dengan Pusat Pengabdian Masyarakat bertujuan agar TPA Binaan UNIDA Gontor memiliki manajemen yang baik dalam mengelola TPA nya, sesuai dengan apa yang disampaikan oleh Al Ustadz Riza Ashari, M.Pd.I bahwasannya semua itu butuh manajemen, kenal-suka-cinta-sayang-memiliki.

Menurut Al Ustadz Riza Ashari, M.Pd.I belajar yang baik adalah dengan mengajar, TPA bagi Sebagian orang tidak menguntungkan tapi bagi orang yang sadar TPA sangat berarti, kejahatan yang berstruktur akan mengalahkan kebaikan yang tidak berstruktur. Nilai, visi, misi, dan tujuan harus dimiliki oleh Lembaga yang baik. Ada 8 standart pendidikan 1.) Isi; 2.) Proses; 3.) Sarana Prasarana; 4.) SDM; 5.) Evaluasi; 6.) Pembiayaan; 7.) Lulusan; 8.) Pengelolaan.

Anak-anak boleh bermain akan tetapi tetap harus ada pengawasan, setiap apa yang dilakukan oleh pengajar akan ditiru oleh anak-anak, setiap anak-anak memiliki cara belajarnya masing-masing makan kita harus tau, anak itu bagaikan kertas putih, maka kita harus memberinya warna, tempat belajar anak-anak tidak perlu mewah yang penting nyaman, dikurikulum harus ada standar evaluasinya.

Tpa yang baik adalah Tpa yang pengelolaannya baik, ada 4 MIE money, men, method, mesin, environtment. Pengelolaan keuangan TPA harus jelas, standar pembiayaan ada input,output, laporan, pembukuan.

Menurut Al Ustadz Salman Alfarizi, M.Pd. bahwasannya kalau menejemen keuangannya baik maka suatu organisasi itu akan maju, banyak tpa yang hancurr karena pengelolaannya hanya untuk kepentingan pribadi, perencanaan yang matang menimbulkan hasil yang baik. 3K Kemampuan, Kemauan, Kesempatan.Standar SDM Pengajar TPA tidak usah tinggi-tinggi cukup ada kemauan dan kasih kesempatan. Tahapan perekrutan pengajar baru TPA, Rekrutmen – Orientasi, Pelajari, pahami, sikapi, apresiasi, syukuri (bisa dipakai dimanapun), kalau dievaluasi jangan marah karena itu demi kebaikan kita, gunakan media sosial sebijak mungkin, humas bukan hanya mengantarkan surat tapi juga sebagai penyambung lidah kepada pihak lain [Muh. Ridha]

By admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *