Universitas Darussalam Gontor menyelenggarakan Pembekalan DPL KKN Tematik 1443 H. Acara ini dilaksanakan pada Hari/Tanggal Jum’at, 17 Desember 2021 dilaksanakan setiap tahunnya dengan beberapa tujuan. Acara ini dihadiri oleh Kepala Divisi Pengabdian Masyarakat Al Ustadz Riza Ashari, M.Pd.I, Staf Pusat Pengabdian Masyarakat, seluruh Mahasiswa khususnya semester 6 Universitas Darussalam Gontor yang menjadi panitia KKN Tematik 43.

Acara ini diselenggarakan Universitas Darussalam Gontor bertujuan untuk menyamakan persepsi antara kampus pusat siman dengan seluruh kampus Universitas Darussalam Gontor, mengenai lambing, warna, makna lambang, serta visi misi KKN Tematik tahun ini, agar memiliki kesatuan persepsi dan segala sesuatu mengenai KKN Tematik, atribut yang digunakan dll.

Menurut Al Ustadz Riza Ashari, M.Pd.I. beliau mengatakan Bukan sekedar hidup, tetapi menghidupkan. Mengabdi kepada Pondok tercinta dan juga tentunya UNIDA. Bukan lagi bertumpu kepada dosen kita, tetapi apa yang bis akita berikan. Give, Give, Give !. Kegiatan KKN ini selama 3 tahun ini berubah, Awalnya Paper, lalu Menanyakan Produktivitas, dan kakak kalian kemarin telah memberikan banyak karya dan sumbangsih besar. Mulut fikiran gerak gerik akan menjadi penilaian masyarakat. Tempat yang diberikan bukan masyarakat yang biasa, jauh dari kata baik.

KKN ini KKN perubahan, menjadi mujahid, mujtahid, mujaddid. KKN tahun ini lebih kepada social mapping karena setelah ini ada program berkesinambungan, bisa jadi desa binaan, desa wisata entah dari masjid, TPA, dsb. Ketua Koordinasi Ustadz Denis dan Wakilnya Ustadz Helmy KKN ini Tematik melembaga Koordinatif interdisipliner, multidisipliner, berkesinambungan. Berkesinambungan dan berbasis kemasyarakatan, darma pengabdian masyarakat. Di UNIDA KKN memiliki Visi dan Misi yang sama seperti UNIDA. Research based community service, pendataan masyarakat yang ada disana. Bacaan AL-Qur’an disana, Ekonomi disana, kegiatan yang ada disana. Sustainibaly (Berlanjut), Flexibelity (Luwes), Co Financial (Dana Bersama), Co Creation (Gagasan Bersana)

Pengelompokan adalah kunci, jika salah analisis diawal akan berlanjut kesalahan. Prinsip dasar adalah keterpaduan tridarma, empati partisipatif, interdisipliner, multi disipliner, komprehensif, komplementatif, berdimensi luas, environmental development. Tiga Pokok Acara : Perencanaan,Pelaksanaan, Evaluasi Memfasilitasi dan membantu masyarakat sebisa mungkin bukan merusak ataupun menambah masalah.

Mencetak calon pemimpin Bangsa. Menajlin silaturahmi dengan masyarakat dengan pendekatan manusiawi dan orientasi. KKN ini bukan KKN yang main-main seperti yang dulu. Pelaksanaan sama, Rasanya berbeda. Mengajak warga bergerak, bukan hanya kita bergerak. Melihat evaluasi dari tahun yang lalu, ada yang hidup ada yang tidak 4K Menjalankan Koordinasi: Komunikasi, Koordinasi, Kolaborasi, Kontribusi [Muh. Ridha]

By admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *