Kamis, 17 September 2020 – Dalam rangka menigkatkan intelektual pengajar baru TPA binaan Universitas Darussalam (UNIDA) Gontor, Departemen Pengabdian Masyarakat (DPM) mengadakan acara bedah buku yang bertemakan “Mendidik Anak Menjadi Generasi Qur’ani”. Ust. Riza Ashari, M.Pd.I sebagai pemateri bedah buku, beliau merupakan anak ke-3 dari KH. Ust. Abdullah Syukri Zarkasyi, MA. Acara ini dibuka resmi oleh Ust. Noor Syahid, M.Pd selaku Ketua Pusat Pengabdian Masyarakat dan dihadiri oleh Staf Pusat Pengabdian Masyarakat, Staf Departemen Pengabdian Masyarakat dan seluruh pengajar baru TPA binaan UNIDA Gontor. Acara ini diselenggarakan pada malam hari yang berlokasi di Hall CIOS UNIDA Gontor.

Adapun buku yang dibedah bertemakan “Beginilah Rasulullah SAW Mendidik Sang Buah Hati”, dari buku tersebut Ust. Riza Ashari mengutip bahwasanya “anak adalah anugerah terindah yang dinantikan oleh sepasang suami istri, pendidikan akhlak terhadap anak harus dikedepankan demi terwujudnya pribadi yang berakhalakul karimah, selalu memperhaikan shalatnya dan mengajarkan adab yang mulia” isi buku yang beliau kutip dalam pembahasan bedah buku. Dalam pembahasannya, Ust. Riza Ashari menegaskan bahwa “tidak ada manusia bodoh didunia ini kecuali mereka yang malas, maka tidak selayaknyalah apabila seorang pendidik mengatakan anak didiknya itu bodoh, karena setiap manusia memiliki fitrah belajar dan oleh sebab itu manusia merupakan makhluk belajar”. Ujar beliau secara tegas.

Dalam membentuk kepribadian anak, orang tua memiliki peran besar dalam menentukan pola asuh tepat untuk sang anak, karena anak tercipta memiliki keunikan yang berbeda maka pola asuh yang tepat dan sesuai mampu membentuk anak menjadi generasi qurani. Acara bedah buku berjalan dengan khidmat dan sesi perfotoan diadakan diakhir pertemuan.[Karumiadri]

By admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *